Sunday, May 26, 2013

Meningkatkan kemungkinan hamil : Apa yang harus anda ketahui ?


Jika anda pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, seharusnya anda tahu apa yang sebaiknya dilakukan:
1. Melakukan hubungan seksual secara teratur.
Hubungan seksual secara teratur, yaitu dua atau tiga kali seminggu sangat penting dilakukan agar kemungkinan terjadinya kehamilan optimal. Bila anda dan pasangan anda sehat secara fisik dan psikis, tidak ada batasan 'terlalu sering' melakukan hubungan seksual.
Ingat, jangan melakukan hubungan seksual yang terlalu diprogram waktu-waktunya (misalnya hanya pada saat subur saja). Hal ini dapat menimbulkan stress psikis pada pasangan suami istri dan mengurangi kemungkinan kehamilan.
2. Lakukan pola hidup sehat. 
Jaga agar berat badan anda agar tidak naik atau turun secara berlebihan, lakukan aktivitas fisik (misalnya: pilih naik tangga di kantor anda daripada naik lift, bila mungkin) dan olah raga teratur (minimal 30 menit, lima kali seminggu). olah raga terbukti dapat mengurangi kadar stress dan meningkatkan kemunkinan terjadinya kehamilan. Makanlah makanan yang sehat, cukup protein, batasi lemak, banyak mengkonsumsi buah dan sayur, batasi konsumsi kopi. 
Pola hidup yang sehat selain meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, juga akan menjaga kehamilan anda tetap sehat sampai melahirkan nanti.
3. Lakukan konseling pre-konsepsi (sebelum kehamilan)
Diskusikanlah dengan dokter anda tentang kesehatan anda secara umum dan pola hidup sehat yang akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. 
Konseling pre-konsepsi terutama sangat penting dilakukan bila anda atau pasangan anda memiliki masalah kesehatan, seperti gangguan haid, obesitas, penyakit- penyakit degeneratif seperti darah tinggi dan diabetes atau penyakit infeksi seperti hepatitis, hiv dll. 
4. Konsumsi suplemen asam folat dan vitamin.
Asam folat dan vitamin mempunyai peranan penting dalam perkembangan janin dalam kandungan. Suplemen vitamin dan asam folat yang dimulai beberapa bulan sebelum terjadinya kehamilan dapat mengurangi risiko kelainan saraf janin seperti spina bifida dan defek tabung saraf.
Diskusikan suplemen yang baik dengan dokter anda. 

No comments:

Post a Comment